Monday, July 13, 2020

Servis chipset laptop

cara servis chipset laptop

Bagaimana cara servis chipset laptop yang yang benar. Chipset sangat rawan hubungannya dengan layar atau panel. Sebelum kita melangkah lebih jauh, maka kita terlebih dahulu mengenal apa yang di maksud dengan VGA.
VGA adalah kepanjangan dari Video Graphics Accelerator yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM pada tahun 1987. VGA termasuk perangkat keras (hardware) komputer atau laptop dimana fungsi utamanya adalah untuk menerjemahkan komputer ke monitor. Gambar yang ditampilkan ke layar monitor adalah hasil olahan VGA. Sekedar pengetahuan saja kalau VGA juga memiliki proccesor atau yang sering disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit). Banyak produsen kartu grafis VGA yang sering kita gunakan di komputer atau laptop, namun yang paling terkenal adalah ATI dan nVidia. VGA sangatlah penting, ini membuktikan bahwa banyak sekali produsen VGA berlomba - lomba membuat yang terbaik, soalnya seorang gamer atau desain, serta yang bekerja di entertaint sangat membutuhkan grafis yang handal, untuk melakukan pekerjaannya.

Sebelum kita bahas cara memperbaiki chipset VGA komputer/laptop yang rusak, mari kita pelajari dulu gejala-gejalanya. 
Berikut ciri-ciri chipset VGA komputer/laptop bermasalah :

Ketika laptop dinyalakan dengan menekan tombol power maka lampu indikatornya menyala namun kipas (fun) berputar tapi secara tiba-tiba kipas tersebut berputar cepat dan setelah beberapa saat kembali melambat lagi.
Ketika laptop dinyalakan kipas (fun) tidak berputar sama sekali dan hanya lampu indikator saja yang menyala dan lampu tersebut berkedip - kedip.
Gejala kerusakan chipset VGA selanjutnya adalah kita sama sekali tidak bisa masuk ke BIOS. Awalnya kita bisa masuk ke BIOS dengan menekan tombol Delete atau F2 ketika komputer/laptop dinyalakan, namun saat ini tidak bisa.

Muncul gambar aneh di monitor yang lain dari biasanya, diantaranya : gambar pada layar monitor akan patah-patah serta muncul titik-titik (artifak) dan juga gambar di layar monitor terkadang hidup kadang juga mati atau gambar yang tadinya jelas lama - lama hilang.
Ketika laptop menjalankan program yang berat-berat terutama sedang main games maka tiba-tiba laptop mati sendiri.
Kalau chipset VGA sudah parah tingkat kerusakannya maka sama sekali ketika laptop dinyalakan tidak tampil apapun di layar monitornya (blank screen);
Warna pada laya monitor akan berubah dari yang seharusnya. 

Kasus ini seringkali kita tertipu terutama ketika kita sedang mengedit sebuah gambar (desain grafis);
Suhu pada chipset VGA akan cepat panas dalam beberapa detik karena chipset VGA tidak berfungsi secara normal.Peralatan apa saja yang di gunakan dalam servis chipset laptop :


1. Bga rework station

Cara servis chipset laptop
Fungsi dari Bga rework station adalah mengangkat chipset VGA agar lebih aman, tapi alat ini mencapai jugaan rupiah. Kalau alat ini ke mahalan bisa anda lakukan dengan mengunakan lilin tetapi ini akan beresiko tinggi, bisa juga untuk mengangkat Chipset VGA mengunakan pemanas lain seperti Hair dryer, hot air gun.


2. Cairan flux


Cara servis chipset laptop


Cairan flux ini berfungsi untuk mempermudah dalam pengangkatan chipset VGA, dan mempercepat dalam melelehkan timah pada bagian chipset tersebut.


3. Pinset

Cara servis chipset laptop
Fungsi dari pinset sendiri adalah untuk mengangkat Chipset, bila chipset tersebut sudah ada tanda - tanda bisa di ambil.


4. Vocum pen

Cara servis chipset laptop
Bila di rasa agak kesulitan dengan mengunakan pinset, anda bisa mengunakan vocum penini untuk mengambil chipset tersebut.


5. Bola timah

Cara servis chipset laptop
Cara servis chipset laptop
Bila anda rasa beli IC chipset mahal, anda bisa coba dengan mengunakan bola timah ini. Tapi anda harus hati - hati dalam mengunakan ini sesuaikan dengan seri dan kaki - kaki chipset tersebut.


6. Stencil reball

Cara servis chipset laptop
Fungsi dari stencil reball adalah membuat kaki - kaki pada bagian bawah chipset tersebut. Atau kata lain sebagai papan cetak kaki - kaki chipset.


7. BGA Reballing Station

Cara servis chipset laptop
Fungsi dari BGA Reballing Station adalah untuk tempat chipset dan stencil reball agar pas mencetak lebih aman.


8. Aluminium Foil

Cara servis chipset laptop
Aluminium Foil sendiri fungsinya adalah menutup komponen pada tepi chipset agar tidak panas. bisa saja anda tanpa mengunakan aluminium foil tapi komponen di sekitar bisa saja terbakar bahkan mati.


Terimakasih... Semoga bermanfaat





No comments:

Post a Comment

close