Tuesday, July 7, 2020

Kenapa Windows cannot be installed to this disk


Apa maksud “Windows cannot be installed to this disk.”?




Kemarin malam teman saya ingin menginstall ulang Windows 7 di laptopnya, karena dia tidak terbiasa menggunakan Windows 8 katanya. Proses instalasinya sih lancar – lancar saja, tapi saat memilih partisi untuk pemasangan sistem operasinya malah muncul pesan error “Windows cannot be installed to this disk. The disk may fail soon. If other hard disk are available, install windows to another location.” dan tidak bisa dilanjutkan prosesnya.

Jika anda penasaran apa maksud pesan kesalahan tadi maka akan saya terjemahkan. Artinya “Windows tidak bisa diinstall kedalam (partisi) harddisk ini. Harddisk tersebut kemungkinan bisa rusak dalam waktu dekat. Jika ada yang lain harap install Windows di lokasi lainnya”. Kalau ini yang muncul maka cara mengatasinya sangat terbatas.

Ya, kalau sudah muncul pesan diatas berarti menandakan usia harddisk anda sudah tidak lama lagi dan karena itulah ditolak untuk melanjutkan prosesnya. Informasi kesehatan harddisk ini didapatkan dari S.M.A.R.T dan bisa anda cek sendiri menggunakan software seperti CrystalDiskInfo atau lewat BIOS. Solusinya cuma antara anda membeli harddisk baru atau memilih lokasi partisi lainnya.

Semisal pesan error yang anda alami berbeda sedikit silahkan dituliskan dalam komentar dan akan saya bantu mencari solusinya.



No comments:

Post a Comment

close