Wednesday, August 30, 2017

VPN Pada Jaringan




Pengertian VPN & Fungsi Kegunaan VPN (Virtual Private Network)




Pengertian, Kegunaan, Fungsi dan Cara Kerja VPN Lengkap – Mungkin kita sering mendengar kata VPN, lantas banyak orang yang sudah mengetahui penggunaan vpn. Namun sayangnya banyak pula yang tidak mengetahui apaa itu vpn dan kegunaan mendetail secara rinci, bagi anak sekolah yang jurusanya TKJ / RPL dan yang berhubungan denan komputer maka vpn sudah tak asing lagi.



apa itu pengertian vpn
Apa itu VPN ? dan Kegunaan atau Fungi VPN
Okeh sesuai judul kali ini, saya akan membahas tuntas tentang vpn. Baik Pengertian, Manfaat (Kegunaan, Fungsi) dan Cara Kerja VPN. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini sobat untuk menambah wawasan kita seputar vpn.
Pengertian Apa itu VPN ?
VPN yaitu singkatan dari Virtual Private Network, VPN adalah sebuah koneksi private (pribadi) yang melalui jaringan publik. Penjelasan dari segi makna pada vpn yaitu ada 2 kata yang maknanya sebagai berikut.
 
Virtual =Hal yang semu, maya, tidak nyata.
Network = Jaringan koneksi yang salih berhubungan.
Private = Hal yang berarti bersifat pribadi, tidak sembarang orang bisa mengakses dan data yang akan di 
enkripsi yang akan tetap terjaga kerahasianya dari jaringan publik
Jadi dapat kita tarik kesimpulanya bahwa VPN adalah Jaringan yang terjadi secara virtual tanpa ada koneksi rill yang terenkripsi.
Dengan adanya VPN kita seakan-akan telah membuat jaringan di dalam jaringan itu sendiri namun bersifat virtual. Hal ini juga disebut dengan tunnel, tunneling sendiri adalah Proses cara membuat jalur private dengan memanfaatkan infrastruktur pihak ke tiga. VPN memakai tiga teknologi tunneling yaitu L2TP, PPTP, IPSec (Internet Protocol Security). Dengan kombinasi tunneling dan enkripsi jadilah VPN.
Cara Kerja & Macam-Macam Jenis VPN
 
#A. Apa itu PPTP VPN ?
PPTP adalah teknologi jaringan yang merupakan pengembangan dari remote access point to point, dimana PPTP dikeluarkan oleh IEFTF (Internet Engineering Task Force). PPTP juta merupakan paket PPP dengan mengubahnya menjadi IP yang ditransmisikan melewati internet. Dibawah ini adalah gambaran tentang VPN menggunakan protokol PPTP.
cara kerja pptp vpn





#B. Apa itu L2TP VPN ?
L2TP atau singkatan dari Layer 2 Tunneling Protocol. L2TP adalah sebuah standar IFTF (Internet Engineering Task Force) yang berguna untuk masalah protokoll tunneling yang dipakai untuk engkapsulasi terhadap frame Protokol PPP (Point to Point Protocol). Kemudian ditransmisikan melalui jaringan TCP/IP X.25, frame atau jaringan ATM (Asynchronous Transfer Mode). Contoh cara kerja L2TP VPN seperti gambar dibawah ini.




cara kerja l2tp



#C. Apa itu IPSec ?
IPSec atau singkatan dari IP Secrity adalah sebuah protokol jaringan yang dipakai untuk transmisi diagram pada sebuah Internetwork dengan basis TCP/IP. IPSec sendiri didefinisikan untuk melakukan enrkipsi data dan integritas data di lapisan kedua DARPA Reference Model atau Internetwork Layer. Berikut adalah gambaran cara kerja dari IP Sec.




cara kerja ipsec
Gambar diatas tadi adalah cara Kerja VPN secara lengkap dari PPTP, L2TP dan IP Sec. Namun dalam penjelasan umum tentang cara kerja vpn seperti berikut.
 
Pengertian dan Penjelasan VPN (Apa yang dimaksud VPN ?)
VPN Adalah server yang berfungsi untuk menghubungkan antar PC, VPN juga bisa berupa sebuah software pada komputer, aplikasi tersebut biasa disebut VPN Server atau Router, contohnya MikroTik RB 750. Untuk dapat memulai koneksi, komputer yang memakai aplikasi VPN lient akan memanggil VPN Server secara online jaringan, kemudian VPN Server akan memverifikasi data login VPN Client. Jika Proses koneksi VPN Server dengan VPN Client berhasil, maka VPS Server akan mengirimkan IP Address baru di komputer client dan sebuah tunnel / koneksi antar (vpn) akan terbentuk.
Kemudian baru komputer client dapat digunakan untuk berbagi resource (Komputer / LAN) yang berada di belakang VPN Server. Contoh hal yang dapat digunakan adalah dengan melakukan transfer data, browsing, print dokumen, bisa remote desktop perangkat lain dan hal sebagainya.

Fungsi dan Manfaat VPN (Virtual Private Network)
Sebenarnya ada beberapa keuntungan ketika kita menggunakan VPN, dan pasti sudah agak familiar dengan beberapa manfaat dan fungsi dari vpn itu sendiri, seperti berikut ini keuntungan menggunaan vpn.

#A). Dampak Positif / Manfaat VPN
Keamanan, dari segi keamanan tentu pasti, karena ketika kita menggunakan akses internet publik (hotspot, wifi) dan jika menggunakan vpn tentu akan diubahnya menjadi internet private. Maka akan lebih aman dengan mengenkripsi data yang keluar dan masuk supaya keamanan tetap terjaga.
Remote Acces, fungsi nya kita dapat mengakses jaringan yang terhubung dengan vpn selama terhubung dengan internet.
Hemat, untuk biaya setup jaringan cukup murah dimana VPN digunkan sebagai penghubung jaringan lokal yang luas dengan biaya yang lebih kecil. Proses transmisi data menggunakan jaringan public tanpa membuat jaringan baru yang lebih ribet tentunya.
 
#B.) Kegunaan & Fungsi VPN
 
1. Kerahasian (Confidentially)
Karena banyak sekali teknologi jaringan yang bersifat publik, tentu sangat rawan akan pencurian data baik itu oleh virus atau hacker. Maka VPN menggunakan metode enrkipsi untuk mengamankan data yang keluar dan masuk. Dengan metode enkripsi pada VPN, keamanan anda akan lebih aman. Dengan kata lain proses vpn yang terenkripsi akan menyulitkan membaca data anda dan mengakses informasi anda, sehingga perlindungan terhadap informasi lebih terjamin.

2. Keutuhan data (Data Integrity)
Selain mengamankan, VPN juga mempunya teknologi yang berguna untuk melindungi data yang dikirim dari pengirim hingga sampai tujuan. Sehingga memungkinkan data akan terhindar dari kerusakan, hilang atau dimanipulasi (diubah) oleh pihak yang merugikan.

3 Authentikasi Sumber (Origin Authentication)
Kemudian fungsi vpn yang ketiga adalah mamp untuk mengautentifikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN juga dapat mengecek atau memeriksa kepada data yang akan masuk dari sumbernya. Setelah proses autentifikasi berhasil, maka informasi dari sumber data akan disetujui.
Oleh karena itu VPN dapat menganalisa dan mencegah jika data yang dirikim tidak dari sumber seharusnya dan sebaliknya jika data yang dari sumber yang seharusnya maka data akan disetujui untuk masuk hal ini untuk menghindari pemalsuan pengiriman data oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
Nah itulah sobat artikel saya kali ini tentang pengertian, fungsi, kegunaan, penjelasna tentang VPN Lengkap. Jika sobat memiliki saran, kritikan atau pertanyaan seputar artikel diatas. Maka silahkan kirimkan komentar anda di kolom komentar yang sudah disediakan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
 


No comments:

Post a Comment

close