Monday, October 21, 2013

Melembutkan & Mempertajam Foto Dengan Filter High Pass (Basic)

Mempertajam

1. Buka foto di Photoshop

hipassoriginal1

Kebanyakan kamera dilengkapi dengan Anti-Aliasing Filter (AA Filter) yang melembutkan tampilan akhir pada foto. Seperti pada contoh yang saya gunakan, meskipun memang akan banyak blur pada foto close-up semacam ini, tapi bisa dilihat pola pada cangkir dan pinggiran pegangannya tidak benar-benar tajam.
2. Duplicate Layer



hipass1

Pada window Layers, klik kanan layer background lalu pilih ‘duplicate layer’.

3. High Pass Filter


hipass2-1

Pada layer ‘Background Copy’, masukkan filter melalui Filter > Other > High Pass. Kamu bisa masukkan angka sesuai ketajaman yang ingin kamu dapat. Semakin besar angkanya, semakin tajam hasil akhirnya. Pada foto ini saya gunakan 7.0. Setelah mendapat pengaturan yang pas, klik OK.

4. Atur Saturation

hipass3 

Masih di layer ‘Background Copy’, atur saturation melalui Image > Adjustment > Hue and Saturation. Geser slider saturation ke -100 untuk mencegah munculnya tumpukan warna pada hasil akhir. Tampak pada preview foto akan kelihatan greyscale. Klik OK.

5. Ganti Blending Mode

hipass4

Sekarang, masih di layer yang sama, ganti Blending Mode ke ‘Soft Light’ dan kamu sudah bisa melihat hasil akhirnya. Satukan dua layer melalyu Layer > Flatten Image, dan selesai!

hipasscompare1

Hasilnya memang tidak mencolok seperti kalau kamu menggunakan Sharpen. Tapi bisa dicoba untuk pilihan :)



 sekedar shared... TERIMAKASIH.........














No comments:

Post a Comment

close