Wednesday, September 18, 2013

Melembutkan Foto


1. Buka foto di Photoshop

hipassoriginal2 

Teknik ini mungkin akan cocok digunakan pada portrait dibandingkan objek lain. Saya menggunakan stock photo diatas untuk memperbaiki penampilan kulitnya.

2. Duplicate Layer


hipass5

Sama seperti untuk mempertajam, duplikasilah foto asli dengan mengklik kanan layer ‘Background’ lalu ‘Duplicate Layer’.

3. High Pass Filter

hipass6 

Pada layer ‘Background Copy’, tambahkan filter melalui Filter > Other > High Pass. Kebalikan dari teknik sebelumnya, pada teknik ini semakin besar angka pada filter, semakin lembut hasil akhirnya. Saya memasukkan angka 30, ini akan sangat tergantung pada foto yang kamu proses. Klik OK.

4. Invert

hipass7 

Setelah filter diaplikasikan, balik efeknya melalui Image > Adjustment > Invert. Kamu akan mendapat tampilan seperti negatif, seperti pada contoh diatas.

5. Ganti Blending Mode

hipass8 

Sekarang, ganti blending mode pada layer ‘Background Copy’ ke ‘Soft Light’ dan fotomu akan berubah drastis. Efek lembutnya sudah muncul sekarang. Tapi masih belum selesai.

6. Hapus

hipass9 

Kalau kamu mengaplikasikan filter ini pada portrait, akan ada bagian-bagian yang seharusnya tetap tajam. Seperti mata, bibir, dan sebagainya. Untuk itu, kita akan menghapus beberapa bagian dari layer ini. Pertama, tambahkan ‘Layer Mask’ (tombol kotak dengan lingkaran di tengahnya). Lalu pilih soft brush yang ukurannya disesuaikan dengan bagian yang akan kamu hapus. Mulailah mengusap pada bagian foto yang akan dibuat tajam. Pada foto ini saya menghapus bagian mata, hidung, dan bibir (bisa dilihat pada layer mask).

7. Selesai
hipasscompare2 

Sekarang kamu tinggal menyatukan kedua layer melalui Layer > Flatten Image, dan selesai sudah :)

sekedar share..TERIMAKASIH.........




 


No comments:

Post a Comment

close